Asal Tulis Saja: Survey Seharian di St.Kebayoran

Selasa, 28 Agustus 2012

Survey Seharian di St.Kebayoran

Akhirnyaa.. setelah sekian lama dianggurin ini blog karena Tugas Akhir, akhirnya saya buka juga..
hihihi :D

Oke lah langsung aja saya menuliskan cerita selama saya tidak membuka blog ini..... :D

Iseng - iseng buka fb pas hari Minggu, muncul lah status temen di homepage fb saya yang berisi ajakan untuk menjadi anggota survey untuk kereta api.. karena tertarik saya coba aja untuk ikut gabung. Yaa seperti yg sudah - sudah, saya memang senang dengan kegiatan sosial lapangan macam ini.
Langsung aja hari senin sorenya datang ke St.Manggarai untuk kumpul dan dijelaskan teknisnya.. untung sangat deket dari rumah, jadilah saya bisa bersantai. :P
Setelah penjelasan teknis dari om Anthony Ladjar *mungkin kalo yg suka nonton berita pasti kenal dong dengan sosok ini..? :D * langsung deh dibagi daerah - daerah untuk kita turun survei ke lapangan.
Dan ternyataa.. saya dapet di St.Kebayoran.. HAH? KEBAYORAN? :O *kageet :P* yaa pasti orang Jakarta apalagi yang sering naik kereta ke arah serpong pasti tau doong itu kondisi Stasiunnya gimana..
Tapii.. yasudahlaah.. namanya juga pekerjaan, jadi harus saya jalani dengan penuh tanggung jawab..
Besoknya tanggal 29 Mei pagi - pagi buta saya sudah bangun dan bersiap untuk berangkat..
Jam 6 saya sudah berangkat dari rumah dengan berjalan kaki menuju St.Manggarai 10menitan saya berjalan dan tibalah di Stasiun.. sampai Stasiun saya coba sms temen saya yang kebetulan tugas bareng di St.Kebayoran.
Setelah ketemu dengan dia, langsung deh kita naik krl ekonomi ke arah St.TanahAbang, sampai di St.TanahAbang ternyata kereta menuju Serpong udah bersiap mau berangkat.. Langsung aja kita berdua lari sekuat tenaga dari jalur 1 ke jalur 4 + ngeloncatin peron Stasiun yang tinggi itu. -_-
Saat udah beberapa langkah lagi tiba - tiba.. *ceeeesshh* pintu krl ditutup dan kereta pun berangkat..
haaaaaaaah.. kejamnya kau masbrosinis *halah* -_-
Jadi deh kita cuma berdiri bengong sambil ngos - ngosan nahan capeknya olahraga pagi itu.. -_-

Setelah 10menitan, datanglah krl ekonomi menuju Serpong, langsung aja deh kita naik.. dan ga lama kereta pun berangkat. Sekitar 10menitan kita udah sampai di St.Kebayoran dan kita pun turun..
Setelah itu kita langsung menuju ruang PPKA untuk minta ijin survey di tempat itu.. Setelah ijin beres, langsung deh kita bagi posisi.. Saya di peron arah Serpong sedangkan temen saya di peron arah TanahAbang.

Dimulai dengan seorang ibu - ibu yang ingin naik kereta menuju parung, lalu terus berlanjut.
Hingga waktu menunjukan waktu solat dzuhur, saya pun beristirahat sejenak di warung dekat stasiun untuk membeli minum.
Setelah minum sebentar saya pun segera menuju masjid di dekat stasiun untuk solat dzuhur.
Selesai solat, saya pun  menuju stasiun kembali untuk melanjutkan survei, sedangkan teman saya memilih pergi ke parung karena ada urusan bilangnya.

Suasana stasiun di siang ini cukup sepi.. ditambah cuaca yang sangat panas membuat saya harus bermandikan keringat untuk mewawancara setiap penumpang di stasiun tersebut.
Hingga akhirnya saya bertemu dengan seorang kakek - kakek yg sudah cukup berumur.

Saya belum menawarkan diri untuk melakukan survei, akan tetapi tiba - tiba kakek tersebut langsung menanyakan saya dan minta disurvei. :D
Banyak perbincangan menarik saat saya melakukan survei terhadap bapak ini.
Ternyata beliau merupakan seorang pensiunan Garuda Indonesia dan beliau langsung mengeluarkan KTPnya untuk memperlihatkan berapa sebenarnya usia beliau, saat saya hitung dari tahun kelahirannya.. waw 82 TAHUN !!??
Beliau tertawa saat melihat ekspresi saya yang terkejut.. bayangkan saja.. kondisi postur tubuh beliau masih sangat gagah, mungkin orang akan mengira dia baru berusia 50 atau 60an..
Banyak sekali kisah yang beliau ceritakan siang itu, mulai dari dirinya bekerja sebagai mekanik pesawat, hingga beliau sempat dipenjara dan diasingkan sewaktu zaman pemerintahan Soeharto..
Hingga tak terasa kereta yang akan beliau naiki sudah mau datang, dan tiba tiba beliau bertanya apakah saya sudah makan, tiba tiba beliau langsung memberi saya uang untuk saya makan katanya.
Sungguh baik hati sekali beliau ini, selama bercerita beliau juga banyak memberi pesan pesan kebaikan terhadap saya.
Terima Kasih paak.. :)

Setelah itu saya pun melanjutkan tugas saya untuk mensurvei para penumpang di stasiun ini.
Perlahan lahan jumlah penumpang semakin bertambah banyak, mungkin karena sudah waktunya jam pulang sekolah dan pulang kantor..

Hingga waktu maghrib tiba akhirnya saya pun menyelesaikan tugas saya ini, dan saya pun bergegas kembali menuju stasiun manggarai untuk berkumpul menyerahkan laporan hasil survei saya ini.

Suatu pengalaman yang sangat menarik saat mensurvei para penumpang ini.
Banyak keluh kesah dan cerita cerita menarik yang disampaikan para penumpang selama saya survei.
Semoga hasil survei tersebut bisa berguna, dan segera direalisasikan pembenahan di perkeretaapian ini.. :)

1 komentar: