Asal Tulis Saja: Menguras Tenaga Dan Keringat Di Curug Ciwangun

Rabu, 24 Desember 2014

Menguras Tenaga Dan Keringat Di Curug Ciwangun

Pagi ini gue udah bersiap berangkat menuju pool bis Primajasa di daerah UKI, yaa, pagi ini gue pengen ke Bandung. Seperti biasa gue naik bis yang tujuan Tasikmalaya atau Garut untuk selanjutnya turun di Cileunyi, dengan begitu lebih menghemat ongkos perjalanan hahaha.

Perjalanan Jakarta - Cileunyi sekitar 2,5jam kalau ga macet dan ga kebanyakan berhenti. Sekitar jam 9 pagi gue udah sampai Cileunyi  dan gue masih harus menunggu temen gue yang jemput naik motor. Temen gue ini rumahnya di daerah Rancaekek, ga begitu jauh dari Cileunyi, dan dia salah satu temen terbaik gue.

Ga lama muncul dah tuh si "Gentong" hahaha, itu panggilan sayang gue buat dia. Ga pake lama langsung gue naek ke motornya dan mulailah kita Nge-Bolang. Jalanan Bandung pagi ini lumayan padat, mungkin karena hari libur jadi banyak orang yang liburan. Dengan tujuan yang ga jelas akhirnya si Gentong ngajak gue ke curug Ciwangun yang terletak di daerah Cimahi sana yang berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan.

Begitu sampai di lokasi kita terus parkir motor dan mulailah berjalan kaki menuruni anak tangga buat sampai ke bawah sana, dan ternyata lokasi curug utamanya masih cukup jauh. Akhirnya kita putusin deh tuh buat lanjut jalan ke curug utamanya, kita jalan menyusurin jalan setapak yang sebelahnya berupa sungai kecil dan kanan kirinya tebing. Serem juga nih jalanan, karena beberapa kali kita nemuin tanah yang longsor, belum lagi jalanan yang becek, banyak genangan dimana - mana, dan yang gue takutin sih binatang liar hahaha. Ga lucu kan kalau lagi jalan gitu tiba - tiba ketemu uler atau yang lainnya.

Menuruni anak tangga untuk mencapai lokasi

Menyusurin jalan ini bener -  bener menguras tenaga ditambah gue harus berkali - kali megangin si Gentong yang nampaknya udah ga kuat jalan hahaha -_- .  Kita juga beberapa kali berhenti buat istirahat dan minum. Sampai akhirnya setengah jam kemudian keliatan lah itu curug, ga terlalu besar sih tapi emang tempatnya cukup bagus.

Si Gentong istirahat ga kuat jalan :P
Curugnya mulai terlihat
Dan inilah Curug Tilu yang berada di kawasan Curug Ciwangun

Ternyata ada 2 jalan yang bisa dilalui untuk menuju curug ini, dan setelah beristirahat kita pun melanjutkan jalan lagi tapi dengan jalan yang berbeda dengan yang tadi. Kita harus menanjak tebing yang terjal dulu untuk sampai keatas dan barulah bisa menyusuri jalan setapak yang membawa kita melewati perkebunan teh. Pemandangan di jalan yang satu ini cukup indah dengan kebun teh dan berlatar bukit serta lembah. Dan ternyata melalui jalan ini lebih cepat jika dibandingkan harus melalui jalan setapak tadi, tak sampai 30 menit kita sudah sampai di tempat awal.

Nanjaknya luar biasa dari bawah -_-

Ada yang mau difoto :P

Nah itu udah keliatan tempat awal kita
Setelah sampai kita istirahat di bale - bale dan kemudian makan siang, setelah makan siang kita sholat Dzuhur dulu di musholla yang terletak ga jauh dari bale - bale. Setelah sholat kita kembali jalan untuk menelusuri jalur yang lainnya, dan kali ini jalannya berada persis diantara tebing dan jurang. Ngeri juga sih karena liat jalanannya begitu, tapi karena penasaran akhirnya kita jalan juga deh.

Dengan berhati - hati kita telusuri jalanan ini, cukup licin juga karena banyak sumber - sumber mata air yang mengalir dan ada juga semacam selokan kecil di pinggir tebing. Setelah sampai di bawah ternyata tempatnya cukup bagus, lebih bagus dari curug yang pertama malahan menurut gue.

Hari udah sore dan kita putusin buat pulang, takut jalanan semakin macet dan gue juga masih harus pulang ke Jakarta lagi -_- . Kita sampai di Cileunyi pas Maghrib, akhirnya gue putusin sholat dulu di Pom Bensin daerah situ, dan selesai sholat kita langsung ke tempat pemberhentian bis Primajasa.
Setelah gue naik bis, si Gentong langsung pulang, dan gue cuma tidur aja di dalem bis sampai bangun - bangun udah di Pasar Rebo hahaha, terus gue lanjut pulang ke rumah naik Busway.
Hari yang melelahkan dan menyenangkan~